Friday, October 29, 2010

Soundtrack of my October

Saat itu sunyi senyap. Gue dan beberapa mahasiswa lain sedang sibuk mengerjakan soal ujian, nanya sana-sini, dan sebagian kecil dari mereka, termasuk gue juga sih, hanya berdiam diri menanti jawaban soal turun dari langit. Tiba-tiba temen gue disamping manggil pelan.

"Zi, zi, zi!"

Gue mencari arah suara itu dengan hati-hati. Sebelumnya, gue udah memperhatikan posisi pengawas ujian didepan sana, dia lagi asyik smsan. Suasana aman untuk menoleh kanan kiri. Ternyata Suara itu berasal dari temen gue diseberang sana.

"Apa?" Balas gue dengan suara yang dibuat sepelan mungkin.

"No 32 jawabannya apa?" Ucapnya, jauh lebih pelan.

"Hah apa?"

"No 32!"

"52? Oh bentar ya." Gue melihat lembar soal, jumlahnya cuma 50.

"Heh, soalnya kan cuma 50? Mana ada 52" Jawab gue berbisik.

"No Tiga-puluh-dua BUDEG."

Gue melihat gerak bibirnya didramatisir ketika mengucpkan kata budeg. T.T
Yah, ga ada yang bisa disalahkan, memang sudah hampir sebulan juga gue ga bisa menghentikan kebiasaan gue mendengarkan musik melalui headset dengan volume maximal. Keadaan ini diperparah dengan frekuensi mendengarkan musik gue yang selalu diatas 3 jam. Hohoho, tau ah, kuping gue udah rusak sejauh mana, habisnya musik udah sama kedudukannya seperti bernafas. Biarin deh budeg budeg. Ga ada musik seperti ga hidup. Hahaha.
Seberapa berpengaruh kehadiran musik buat gue? sangat berpengaruh. Musik membuat hidup gue yang sepi ini jadi rame, membuat suasana hati gue yang carut marut menjadi lebih terkendali, dan membuat emosi gue yang sering tertahan itu menjadi terlupakan. Bulan oktober ini ga terhitung berapa judul lagu yang gue denger, mungkin diatas lima ratus. Dan diantara lima ratus lebih itu, lagu-lagu dibawah inilah yang dianggap mewakili hidup gue di Oktober sibuk.
Lagu-lagu dibawah ini, buat gue, mungkin lebih dari hanya sekedar lagu. Lagu-lagu dibawah ini pesan kehidupan. Hohoho. Check this out Mumble!


1.Unwell


Artist: Matchbox 20
Genre: Pop
Telling about: Lonely, Mental Disorder, Breakdown, Refusing, Faith, Love Sickness, Hope.
Hook Lyric:
-All day staring at the ceiling, Making friends with shadows on my wall
-All night hearing voices telling me, That I should get some sleep
-I can hear them whisper, and it makes me think there must be something wrong, with me
-But I’m not crazy, I’m just a little unwell
Like: Seluruh elemen lagunya, dari mulai Karakter vocal sang vokalis (Rob Thomas), Lirik lagunya, feel yang dibangun lirik-liriknya (contoh: “And I know, I know they’ve all been talking ‘bout me” menggambarkan perasaan tidak nyaman), Jalan ceritanya, videonya, hingga musiknya.
View lyric: Here

Comment:

Ya, memang lagu ini lagu jadul. Gue sendiri denger lagu ini pertama kali tahun 2003, waktu itu matchbox 20 jadi salah satu nominasi untuk MTV Asia Music Awards sebagai best pop artist (bersama Simple Plan dan Blue). Tetapi biarpun lagu lama, lagu ini gue anggap mewakili semua perasaan "inferior" yang gue punya. Perasaan terkucil, perasaan kesepian, perasaan diremehkan.
Dan satu lagi, reff lagu ini, sangat ingin gue tujukan untuk liliput pertama, yang entah mengapa akhir-akhir ini mempunyai sudut pandang yang kurang baik tentang gue.

Reff lagu ini, benar-benar mewakili:

But I’m NOT crazy, I’m just a little unwell
I know, right now you can’t tell
But stay awhile and maybe then you’ll see, a DIFFERENT SIDE of me

I’m not crazy, I’m just a little impaired
I know, right now you don’t care
But soon enough you’re gonna think of me
And how I used to be

Oke, sekarang mungkin gue ga dipeduliin. Tapi siapa tahu apa yang akan terjadi di nanti?



2.Shamrock


Artist: UVERworld
Genre: J-Rock
Telling About: Spirit, Hope, Optimistic.
Hook Lyric:
-Anata hi boku ga nigirishimeta yume
-Daki yosetai yo to negau koe mo
Like: Lagunya, Karakter vocal sang vokalisnya, kombinasi Pop, Rock, dan Rap Nya.
View lyric: Here

Comment:

Memang ga bsia dipungkiri, kecintaan gue ma musik diawali oleh lagu-lagu dari jepang sana. Mungkin karena kebiasaan nonton anime, yang lagu opening dan endingnya memang bagus-bagus banget. Lagu Shamrock ini juga hanya salah satu dari ribuan lagu jepang yang pernah gue denger dan suka. Tapi khusus untuk shamrock, lagu ini dari awal sampai akhirnya udah merupakan satu kesatuan. Seru. Melodinya dari awal bisa dinikmati, dan kombinasi antara musik rock dan musik rapnya top abis, sekaligus lucu, dimana kata FIGHT malah terdengar jadi FAITO. Terlebih lagi mengingat bulan oktober merupakan bulan sibuk dan rawan dengan stress, lagu-lagu bergenre pop rock yang berenergi sudah pasti menjadi porsi utama dalam playlist gue. Cukup untuk membuat semangat bertahan satu jam (saja).

3.My lover


Artist: Younha
Genre: Pop
Telling About: Love, Moment, Joyful
Hook Lyric:
- I wondered why tears just came out, then I realize that, definatelty , I’m crazy over you
- Sitting on a park bench under the glow of the sunset, the time limit draws near, suddenly I feel your hand touch. and the all world’s time seems to stop.
Like: Lirik lagunya, Suara sang vokalisnya, ekspresi vokalis ketika menyanyikan lirik “I’m growing up a little bit, It’s my first love, so don’t laugh”
View lyric: Here

Comment:

Seharusnya sih ini lagu cewek. Tapi entah mengapa gue suka. Mungkin karena suara Younha memang top abis, atau mungkin malah karena khayalan gue sendiri. Yah, gue sering mengkhayal ada cewek yang nyanyiin lagu ini buat gue. Senang aja rasanya ngebayangin itu. Apalagi yang liriknya lucu seperti ini:

When I wore skirt
You looked surprised
“What’s up with that?” you suddenly asked
But without even looking you in the eyes
I ran off

Hohoho :)


4.A whole new world


Artist: Jessica Simpson & Nick Lachey
Genre: Pop
Telling About: Love, Feeling
Hook Lyric:
-A whole new world, a new fantastic point of view, no one to tell us no or where to go or say we’re only dreaming
Like: Duetnya, Suara kedua penyanyinya.
View lyric: Here
Comment:

Soundtrack film-film disney memang rasanya udah wajib jadi favorit gue. Dimulai dari lion king yang "I just can't wait to be king", lagu tarzan yang "You'll be in my heart", Lagu Brother bear yang "Look through my eyes", sampai yang jadi favorit gue sebelum ini, "Part of your world" nya litte Mermaid. Ga banyak komen lagi deh, lagu "A whole new world (soundtrack Aladin)" ini memang udah bagus dari semua lini, suara penyanyinya oke, liriknya dalam, easy listening, improvisasi penyanyinya juga membuat lagu ini rasanya selalu menimbulkan kesan tiap habis didengerin. Jadi pengen lihat penyanyinya live deh.


5.Weightless



Artist: All Time Low
Genre: Pop Punk
Telling About: Bored of
Hook Lyric:
-Maybe it’s not my weekend, but, it’s gonna be my year
-I wanna feel weightless, and that should be enough
-Cause I’ve been going crazy, I don’t want to waste another minute here
Like: Musiknya, Lagunya,
View lyric: Here

Comment:

Gue suka lagu ini karena gue memang suka ma genre musik "Pop Rock". Gue juga suka hampir semua lagu dari dua album All time Low yang terakhir dan gue juga jadi ga punya alasan menolak lagu yang ada di track pertama di album "nothing personal" ini sebagai lagu favorit.
Belum lagi mengingat hampir di setiap frase dalam liriknya, menggambarkan bagaimana jalannya bulan Oktober gue.

-Maybe it’s not my weekend, but, it’s gonna be my year (menggambarkan weekend gue yang sering buruk)
-I wanna feel weightless, and that should be enough (menggambarkan keadaan gizi gue yang ga cukup gara-gara jadwal kuliah yang penuh)
-Cause I’ve been going crazy, I don’t want to waste another minute here (menggambarkan perasaan gue ketika kuliah. Bawaanya bosan terus, dan ga tahan pengen cepat-cepat keluar kelas hehe)

***
Well, gimana daftar lagunya? bagus-bagus kan? hohoho, mumpung ujian udah habis dan bulan oktober juga udah mau berganti, saatnya download lagu baru. Saatnya cari soundtrack bulanan yang keren-keren lagi. Dan yang paling penting, saatnya membuat hidup ini berarti.

Semangat akhir pekan :)