Monday, January 18, 2010

Vote Dhita...she's my friend...


Dua tahun yang lalu, januari tahun 2008, gue sempat nulis sebuah bulletin di friendster yang judulnya “one hundred for pevita” dalam rangka mendukung pevita pearce untuk jadi cewek Hai 2007.
Dan pevita pun akhirnya beneran menjadi cewek hai terfavorit, mengalahkan Paula tobing dan yang lainnya.

Gue ingin mengulang kejadian yang sama.

“Ah itu kan Cuma kebetulan zie.” Kata Sito, temen gue.Saat itu gue lagi nulis notes ini di fakultas dia.Farmasi. “lagipula, sebelum menjadi cewek Hai, pevita udah beken duluan di film denias.” Lanjutnya.

“Ga tau ah, saat itu gue banyak sms sih.Haha” Gue berkata bangga.

“Eh, bukannya pemenang cewek hai itu dihitung berdasarkan jumlah orang yang memilih, bukan jumlah sms yang dikirim oleh yang memilih.”

“Hah? Gitu ya? Bukan kek Indonesian idol gtu ya? Yang sms nya paling banyaklah yang jadi juara?

“Lo sih kebanyakan bermain diruang bawah tanah.Sebanyak apapun lo ngirim sms, pake no lo itu, tetep aja diitung satu voters.”

“oh gitu ya? Serius?”

“liat aja no tujuan sms nya, kena tarif normal kan? Itu kan Cuma pooling.”

“Oh iya iya..”

Gue manyun.Padahal rencananya gue mau mengalokasikan sms bonus 50 setiap hari ke semua operator gue buat nge-vote.

“kalo ga salah dulu lo ngelakuin hal yang sama buat ngedukung pevita kan? Lo ngabisin bonus 100 sms dari kartu as lo kan?”

Gue Cuma manyun lagi.

“pinter banget lo…”

Hmm, terimakasih Sito, atas sindirannya.Lo sungguh teman(dan monyet) yang baik.
Sekarang, kesalahan yang sama ga akan gue ulangi lagi.Gue akan melakukan cara yang sama sekali beda buat memberikan dukungan yang lebih banyak.

“gue ada ide zi..” seru Sito.
“Hah? Apa? Apa?” Tanya gue bersemangat. “tapi ide lo ga ngaco kan?”

“Gini, lo kan punya account di banyak jejaring sosial, twitter, plurk, hi-5, mypulau, kafegaul, ACS, kaskus, oggix, technorati, atau apalah lagi.Nah, kenapa lo ga promosiin disitus-situs itu aja?”

Sepintas ide Sito kedengaran keren.Kalo ditotal jumlah friend gue di semua situs jejaring sosial itu lebih dari lima ribuan.Gue bisa mempromosikan secara lebih cepat ke banyak orang secara bersamaan.
Gue berpikir ulang lagi.Gue inget dulu waktu pertama-tama kali gue punya blog, gue promosi kemana-mana melalui sms, situs jejaring sosial, milis-milis.Eh malah gue dikira spam dan satupun ga ada yang baca blog gue saat itu.Ini masalah imej.Gue mencoba mengambil sudut pandang orang ketiga.Gimana kalo misalnya gue melihat orang yang promosi abis-abisan di status twitter hingga memenuhi deck dan timeline gue.Pasti risih kan.
Gue berpikir lagi dan memutuskan nge-twit dengan kata-kata ini di Disalah satu dari dua akun twitter gue:

Buat temen gue sesame komikus, vote dhita ya di polling cewek hai, karena dia juga komikus, sama seperti kita.

Di devian art, comicomunity, juga gue buat seperti itu.Kalo mereka pembaca Hai juga, mereka pasti tahu caranya.
Agar dukungan buat dhita datang lebih banyak, gue pun ngajak keluarga gue buat ikutan milih.

“ma…ma…liat deh majalah ni.” Kata gue sambil nyodorin majalah Hai ke nyokap.
“kenapa zi? Cerpen kamu ada yang dimuat?” Tanya nyokap.
“Bukan, liat deh ini, disitu ada temenku, …”
“Oh ya, dia model majalahnya ya?”
“iya dia bakal jadi model majalahnya, tapi kalo mama milih dia dalam pooling..”
“oh gitu..”
“ikutan milih juga donk..temenku ni.”
“ya udah tuh ambil hp mama.Eh, tapi jangan lupa beresin kamar kamu tu ya.Udah kek apaan aja.”

Gue cengar-cengir lebar.

“kla, kamu juga ikutan milih temen kakak ya.” Kata gue ma Ikla, adek gue. Ikla Cuma bengong. “ntar abang kasi make laptop deh…”
“oh ya, beneran bang? Kalo gitu langsung aku kirim sms sekarang nih, formatnya gimana?”

Selanjutnya ma temen-temen dekat gue.Hari itu, gue ma Boy, sedang belanja buku di gramedia.Hampir dua jam kami disana, dan Boy pun ngajak gue pulang.Gue ga bergeming sambil menatap majalah Hai.
“lo baca apa?” tanyanya.
“ngg…”
“baca apaan sih?”
“ini lo..” gue nunjukin majalah Hai yang gue pegang.
“ini apa? Pooling ya?” tanyanya.
“iya, yang namanya dhita itu temen gue lo.”
“ngg, dhita ya..o.. yang ini..wah..lo bakalan nge-vote dong?”
“iya, tapi gue ga bawa handphone, pinjem handphone lo dong.”
“oh, itu toh.” Boy pun memberikan handphonenya.
“hehe, makasih ya, lo ikutan milih juga ya.Temen gue temen lo juga kan.Lo pernah bilang gitu kan?’
Boy Cuma mengangkat alis.

Gue pun cengar-cengir kuda lagi.

***

Seminggu kemudian, mengajak orang lain untuk memilih temen gue sudah menjadi kegiatan gue sehari-hari sampe temen gue nanya.
“Lo kog sampe segitunya sih dukung dia? Kalian akrab ya?”

Gue diam bentar.Terus gue nanya balik.
“Apa lo ga pernah punya orang yang lo kagumi?”